BAB I PENGELOLAAN LAB IPA

Senin, 04 Januari 2010

BAB I
PENDAHULUAN
1. Pendekatan Masalah
Laboratorium IPA memiliki kedudukan yang sangat penting dalam menunjang proses belajar mengajar IPA dan mempunyai peran yang besar dalam menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas, berdisiplin dan mandiri.
Keberadaan Laboratorium IPA tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sekolah, sebagai tempat kegiatan seperti eksperimen/percobaan, penelitian sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran.
SMP Negeri 2 Kersamanah mempunyai siswa yang cukup banyak terdiri dari 6 rombongan belajar kelas 7, 7 rombongan belajar kelas 8 dan 5 rombongan belajar kelas 9. Dari 18 rombongan belajar hanya tersedia 1 ruang Laboratorium IPA, maka sangat dirasakan sekali pentingnya dibuat program kerja laboratorium ini demi terlaksananya kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan eksperimen ataupun penelitian.
 
2. Maksud dan Tujuan
Program kerja ini disusun dengan harapan langkah kerja pengelola Laboratorium IPA lebih terarah dalam meningkatkan penggunaan laboratorium IPA, sehingga siswa lebih tertarik dan berminat serta mempunyai rasa ingin tahu yang lebih banyak.
Tujuan digunakannya laboratorium sebagai tempat eksperimen atau praktik adalah :
Dapat memahami konsep-konsep dasar ke-IPA-an.
Dapat memecahkan masalah dengan menggunakan data yang diperoleh.
Terampil menggunakan alat dan bahan, menganalisa data serta menarik kesimpulan.

Posting Komentar

SLOGAN

"CREATIVE AND IMAGINATIVE"

  © Blogger templates Developed By Metana2010 in Blog 2010

Back to Top